Kamis, 09 Februari 2012

Budidaya Jamur Tiram Kediri – Peluang Usaha

Budidaya jamur tiram di Kediri adalah salah satu peluang usaha yang sangat booming akhir-akhir ini. Selain bisnis Es Tebu yg juga booming. Tertarik dengan bisnis budidaya jamur tiram ini? coba kita berkunjungi ke Dewi Jamur salah satu petani jamur tiram di Kediri.
“Dewi Jamur” terletak di Desa Sidomulyo Kec. Wates Kabupaten Kediri. Mulai usaha jamur kurang lebih 6 tahun yang lalu. Lokasinya cukup strategis  di pinggir jalan raya Kediri-Wates (ke gunung kelud). Tempatnya cukup luas dan asri. Pertama kali belajar budidaya jamur ini dari Pondok Pesantren Sumbersari Pare. Sayangnya saat ini di Ponpes Sumbersari usaha jamur tersebut malah tidak ada penerusnya.
Usaha jamur memang bisa di bilang tidak sulit tapi juga tidak mudah, karena jamur memerlukan penanganan yg lebih daripada usaha pertanian lain, terutama pada fase pembuatan baglog jamur dan pembibitan.
Untuk sarana dan prasarana budidaya jamur ini dibutuhkan kumbung tempat menyimpan log jamur. Hal yang harus diperhatikan adalah jamur dapat tumbuh dengan baik didaerah dengan kelembaban yang tinggi dan intensitas matahari yang rendah. oleh karena itu budidaya jamur di Kediri khususnya, dengan cuaca yang cukup panas, sebaiknya dinding dari anyaman bambu. Atapnya juga di beri plafon anyaman bambu juga agar tidak tertimpa kotoran dari atas dan sirkulasi udara bagus sehingga suasana ruangan kumbung menjadi sejuk. “Dewi Jamur” mempunyai kumbung yg mampu di isi 25.000-30.000 log jamur. Dahulu kumbung tersebut untuk ternak ayam petelur dan ayam potong.
Untuk rak sebagai tempat dimana baglog disusun juga hanya menggunakan rak dari bambu. Komposisi untuk isi baglog jamur yg berfungsi sebagai media jamur untuk tumbuh adalah serbuk kayu/gergaji, Bekatul, Kapur/dolomit.
log jamur Budidaya Jamur Tiram Kediri   Peluang Usaha
Penempatan Baglog jamur di rak di dalam kumbung jamur

proses pembuatan media tanam/baglog jamur

Untuk proses pembuatan secara singkat adalah:
  1. campur adonan baglog sampe rata sambil di siram air
  2. setelah siap masukkan adonan ke plastik baglog lalu tutup dgn cincin paralon dan ikat dengan karet
  3. Sterilisasi media dengan cara di steam/di kukus dengan suhu 100 derajat celcius selama 6 jam.
  4. dinginkan baglog kalu sudah dalam suhu ruang, siap untuk proses pembibitan
  5. masukkan bibit jamur melalui lubang cincin, lalu ditutup lagi

drum sterilisasi log jamur 225x300 Budidaya Jamur Tiram Kediri   Peluang Usaha
sterilisasi log jamur model drum

Baglog usia 3 minggu ( masa tunggu bibit berkembang)

setelah masa pembibitan maka baglog disimpan di ruang tunggu. ruangan ini harus di jaga ke-sterilannya.. tidak boleh keluar masuk sembarangan. masuk ruangan harus steril. selanjutnya kurang lebih 3 minggu kemudian miselium (ditandai warna putih) akan menyebar kurang lebih 3/4 bagian. Sampai tahap ini baglog siap untuk di jual. Atau untuk di pakai sendiri sudah bisa di masukkan ke ruang tumbuh/kombong jamur.

Baglog usia 4 minggu

1 minggu kemudian miselium sudah penuh waktunya membuka cincin penutup agar jamur bisa tumbuh keluar

Baglog usia 5-6 minggu (Panen)

1 minggu kemudian biasanya jamur sudah siap panen. Setelah tumbuh dan panen tinggal jual icon biggrin Budidaya Jamur Tiram Kediri   Peluang Usaha harga jamur tiram putih 9rb-12rb/kg.
jamur tiram bungkus Budidaya Jamur Tiram Kediri   Peluang Usaha
jamur tiram bungkus kecil-kecil untuk jual eceran

Permasalahan yang umum terjadi

Pembibitan: Sterilisasi tempat pada saat pembibitan sangat-sangat penting. Seluruh peralatan + ruangan untuk pembibitan harus steril. Biasanya di semprot dengan desinfektan, alkohol 90% jg bisa.
Masa tunggu: Di dalam masa tunggu terkadang misellium tidak menyebar atau terkontaminasi sehingga nantinya jamur tidak tumbuh.
Hama: sebenarnya jamur termasuk bebas hama. Namun biasanya ada tikus menyerang baglog yg sudah di beri bibit, terutama bibit jamur yang memakai campuran gabah/padi atau jagung. terkadang juga ada Semut, ulat dan serangga.

Hasil Olahan Produk Jamur

sate jamur tiram Budidaya Jamur Tiram Kediri   Peluang Usaha
Sate jamur tiram kediri
Selain dijual dalam bentuk jamur segar, Jamur tiram dapat diolah menjadi Keripik jamur, Sate jamur ataupun di campur dalam masakan seperti nasi goreng jamur, mie ayam jamur, Tongseng jamur dsbnya. Jamur menjadikan masakan unik dan sehat. Banyak pelanggan dari Dewi Jamur adalah pengusaha kuliner, seperti nasi goreng. Dengan menambahkan jamur, Nasi Goreng Jamur Cak Man, misalkan. Usaha mereka menjadi lebih unik dan menarik pembeli.
Untuk Kediri secara tidak langsung Dewi Jamur mensuplai Warung SS(Spesial sambal) Kediri dan Wisata Jamur
*) Wisata Jamur adalah warung spesial jamur yg sangat ketat menyeleksi kualitas jamur yg diterimanya, hanya grade bagus yang diterima.(kadar air, warna, jenis jamur)

Jenis-jenis jamur tiram

Jamur tiram sebenarnya ada beberapa jenis antara lain jamur tiram putih, abu-abu, merah, coklat. tetapi yg paling banyak di budidayakan adalah jamur tiram putih. Jamur tiram putih pun ada beberapa macam: jenis florida dan jenis oystern/osteron. Florida di tandai dengan bentuk seperti payung, untuk osteron ciri khasnya berbentuk seperti terompet dan dagingnya tebal.
Kebanyakan bibit jamur tiram dari daerah jatim mengandung kadar air yg tinggi sehingga tidak tahan lama disimpan.
Di Dewi Jamur ini selain Jamur tiram juga menanam Jamur Kuping. proses pembuatan sama persis.
Selain dua jenis jamur tersebut, Di kediri juga bisa dikembangkan budidaya jamur Merang. Jamur merang juga tidak butuh suhu yg sangat dingin seperti pegunungan.
Berminat usaha budidaya jamur? bagi Anda yang baru pertama kali menanam, sebaiknya Anda beli baglog langsung. Untuk meminimalkan resiko dan lebih gampang, sambil belajar mengelola. Setelah mahir saatnya membuat sendiri baglog jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar